Monday, February 15, 2010

Jejaring Sosial - facebook

. Monday, February 15, 2010

Sekilas jejaring sosial

Beberapa waktu terkahir ini ada beberapa berita yang cukup menarik untuk di simak, ada penculikan, ada yang menikah, ada yang di penjara dll yang semuanya terkait dengan jejaring sosial "Facebook".

Di Indonesia keberadaan jejaring sosial meningkat pesat dengan adanya "facebook". Seingat saya waktu friendster-an tidak sampai segila ini. Ternyata setelah di amati memang banyak hal menarik yang bisa dilakukan di sini. chating, lihat foto dan lain2x.

Banyak pengguna yang memang tahu kegunaan jejaring sosial, tetapi jauh lebih banyak yang ikut2xan karena tren. Menganggap bahwa dunia maya tidak akan menimbulkan konsekuensi apa - apa.



Hal-hal menarik

Tidak dapak dapat dipungkiri bahwa dengan menggunakan jejaring sosial akan mempertemukan kita dengan banyak orang, baik yang sudah kita kenal sebelumnya .. ataupun yang baru. Didukung dengan fitur chating, berbagi foto dan games yang menarik membuat kita semakin tertarik untuk selalu terhubung (penulis ini juga begitu), nah apa yang menarik buat anda ... anda bisa cari sendiri.

Rencanakan Apa yang akan anda lakukan

Sebelum anda membuka akun "facebook" ada baiknya tentukan dulu apa yang ingin anda lakukan dengan akun tersebut. Bila anda memiliki tujuan, usahakan jangan melenceng. Misal, anda ingin memulai sebuah bisnis, jangan pergunakan akun ini sebagai ajang curhat anda.

Hal-hal yang perlu diperhatikan

"Semua Punya aturan"
Anda tidak mau bermasalah dikemudian hari karena situs pertemanan anda? Ada hal-hal yang harus anda pahami ....
  • Kenali dengan siapa anda berbicara, jangan menyamaratakan cara memberi komen anda.
  • Ada baiknya untuk membaca keseluruhan komentar sebelum anda berkomentar.
  • Dimana anda menulis pesan, bila anda menulis di status pikirkan siapa saja yang kira-kira membaca status anda.
  • Pasang foto yang tidak mengundang pikiran negatif (apalagi foto porno), ini penting!! sebab sekali foto anda tersebar anda tidak akan dapat mencegah peredarannya.
  • Batasi akses, di dalam "facebook" setiap kali kita melakukan sesuatu dia akan memberi peringatan, jangan acuhkan peringatan2x tersebut. Sebagai contoh, setiap kita menuliskan status baru akan keluar tanda gembok(security) yang menanyakan pada siapa status anda bole dilihat, pilih sesuai dengan kebutuhan.
  • Bila anda mau menambahkan seseorang dalam daftar teman anda, Pastikan untuk menambah pesan singkat, tujuan nya adalah agar orang yang anda tuju tau siapa anda dan mengapa anda menambahkan dia sebagai teman anda.
  • Ada baiknya untuk melihat ke halaman dari orang yang menambahkan anda kedalam daftar temannya. Ini akan membantu anda untuk mempertimbangkan perlu tidaknya anda menambahkan orang tersebut. Jangan tergoda oleh foto, karena belum tentu itu foto yang asli.

Safety first

Amankah akun anda? yah, tergantung berapa benyak teman anda .... semakin banyak anda memiliki teman makin tidak aman akun anda.
  • Bila anda tipe orang yang suka menggunakan tanggal sebagai password anda, segera ganti password anda!! Jangan pernah menggunakan tanggal penting anda sebagai pin (ATM, password dll)
  • Narsis bole, asal dalam batas wajar ... jangan tunjukan keseksian anda, bila anda tidak siap dengan konsekuensinya
  • Teman chating ada baiknya menjadi teman chating, bila anda ingin bertemu (apalagi anda belum pernah bertemu dengan lawan bicara anda sebelumnya) pastikan anda mengajak teman.
  •  Jangan ragu untuk menolak permintaan menjadi teman atau pun aplikasi yang tidak jelas asal usul nya.
  • Bila anda terhubung dari tempat umum (warnet) pastikan anda di warnet tidak nakal (pernah saya jumpai seorang operator memiliki keylogger) dan jangan lupa untuk logout apa bila sudah selesai(bahkan kl perlu restart aja komputernya, umumnya warnet menggunakan semacam program deepfrezze)

Iklan layanan masyarakat ...

"aneh, menakutkan dan ilegal"


"Facebook warning"




"semua orang tahu nama anda"


"untuk para orang tua agar selalu mengawasi anak ..."


Artikel terkait dengan kategori ini :



0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Yang baru ditambahkan

wididwi.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Datastorage by langkahawalbisnisinternet.com